Komisi A DGB

    Dibaca 128 kali

Komisi A  (Pengembangan Karakter, dan Jati Diri Bangsa)

Ketua : Prof. Dr. Ir. D.S.Priyarsono, M.S.
Sekretaris : Prof. Dr. Ir. Sri Purwaningsih, M.Si.

Kegiatan utama Komisi A Dewan Guru Besar secara garis besar ada 3 kegiatan utama, yaitu gerakan nasional antikorupsi, good university governance dan pendidikan tinggi di era digital. Panitia Ad Hoc (PAH) Komisi A DGB ada 3 yaitu:

  1. PAH Antikorupsi dengan Ketua Prof. Dr. Ir. Hariadi Kartodihardjo, MSc. terdapat dua kegiatan, yaitu:
    1. FGD dalam rangka Pengembangan Experts on Call pada 29 Juli 2019 dengan mengundang Wakil Ketua KPK yaitu Dr. Lode M Syarif, SH,LMM, Satgas Kementrian Kelautan dan Perikanan yaitu Dr. Mas Achmad S, SH, LLM,  staf khusus Satgas Kementrian Kelautan dan Perikanan Dr. Yunus Husein, SH,LLM, Dewan Guru Besar IPB yaitu Prof. Dr. Ir. Bambang Hero S,M.Agr, dosen Universitas Gunadarma yaitu Dr.rer.nat. I Made Wiryana, SSi,SKom,MSc.; Tama S. Langkun, Koordinator devisi hukum dan monitoring Indonesia Corruption Watch (ICW).  Pada kegiatan ini berhasil diidentifikasi peluang dan tantangan serta rencana aksi, yakni antara lain kegiatan kajian proses bisnis berbagai sektor untuk memetakan risiko korupsi.  
    2. FGD dalam rangka Pengembangan Pendidikan Antikorupsi di IPB, hasil pertemuan ini mengarahkan dosen-dosen IPB menjadi Penyuluh Antikorupsi.
    3. Webinar Politik dan Kuasa Uang dengan mengundang 3 narasumber yaitu Direktur Kemitraan/Wakil Ketua KPK 2015-2019, Prof Hariadi Kartodihardjo dan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia(Penulis Buku Kuasa Uang). Adapun bahan/materi webinar dapat diakses disini serta terdapat sertifkat bagi peserta yang mengikuti.
  2. PAH Good University Governance dengan Ketua Prof. Dr. Ir. Aman Wirakartakusumah, MSc. terdapat beberapa kegiatan:
    1. FGD dalam rangka secara internal bersama Kepala Lembaga Pengembangan Institut pada tanggal 23 Oktober 2019 yaitu Dr. Ir. Ernan Rustiadi,M Agr;
    2. FGD secara internal dari dekan dan departemen pada tanggal 8 November 2019 dengan mengundang dekan FPIK yaitu Dr.Ir. Luky Adrianto, MSc dan Ketua Departemen ITP yaitu Dr. Ir. Feri Kusnandar, MSi;
    3. FGD mengundang narasumber dari luar IPB pada tanggal 9 Desember 2019 dari GPS Leader Ernst & Young Indonesia yaitu Bangkit Kuncoro, MSc. beserta tim.
    4. FGD dengan mengundang Eksternal Reviewer: Dosen Universitas Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi dan Ombudsman RI.
  3. PAH Pendidikan Tinggi dalam Era Digital dengan Ketua Prof. Dr. Ir. Agus Buono, MSi.