Komisi B DGB

Komisi B (Pengembangan Keilmuan dan Pemikiran Strategis)

 

Ketua       : Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, M.S.

Sekretaris : Prof. Dr. Ir. Widanarni, M.S.

Kegiatan utama Komisi B Dewan Guru Besar yaitu dengan dibentuk beberapa Panitia Ad Hoc (PAH), diantaranya sbb:

  1. PAH Towards Nobel Prize yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Ronny Rachman Noor, M.Rur.Sc. Salah satu kegiatan PAH ini yaitu melakukan FGD dengan mengundang beberapa dosen IPB yang memiliki peran dalam nobel seperti Prof. Dr. Ir. Daniel Murdiyarso, M.S dan Prof. Dr. Ir. Suminar Setiati Achmadi, MSc.
  2. PAH Reforma Agraria yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Endriatno Soetarto, M.A. Salah satu kegiatan PAH ini yaitu melakukan FGD dan Inisiasi Kerja Sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.
  3. PAH Bogor Sciense City yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. M.Aman Wirakartakusumah, M.Sc yang sedang menyusun Policy Brief mengenai Bogor sebagai Kota Ilmiah
  4. PAH Water Front City yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Yusli Wardiatno, M.Sc yang sedang menyusun Policy Brief mengenai Kota Ramah Air.
  5. PAH Pembangunan Industri Berbasis Sagu Terpadu dan Berkelanjutan (Pangan, Industri dan Energi Berbasis Sagu) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Tajuddin Bantacut, M.Sc. PAH ini bertugas untuk merancang kegiatan serial seminar/webinar sagu nasional dan menyiapkan police brief tentang pemanfaatan sagu yang akan disampaikan kepada pemerintah. Webinar sagu yang dirancang terdapat 8 (delapan) serial webinar dengan topik yang sangat menarik telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Adapun bahan paparan dan sertifikat webinar sebagai berikut: