Komisi D DGB


Komisi D (Pengembangan Norma, Etika dan Budaya Akademi)

Ketua       : Prof Dr drh M. Agus Setiadi
Sekretaris : Prof Dr Ir Erliza Noor
Komisi D meliputi berbagai kegiatan terkait dengan kehidupan Kampus yaitu:

  1. Merumuskan pemikiran tentang pembinaan kehidupan akademik, integritas moral, dan etika akademik.
  2. Mengkaji dan membuat pedoman penegakan etika dan moral dosen, mahasiswa, dan staf penunjang.
  3. Menangani dugaan pelanggaran kehidupan akademik, integritas moral, dan etika akademik.

Untuk melengkapi bidang penugasan yang dilimpahkan pada Komisi D, maka setiap tahun Komisi D melakukan beberapa kegiatan dengan membentuk Panitia Ad Hoc (PAH) sbb:

  1. PAH Komisi Etik dan Antisipasi Kegiatan LGBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Hardjanto. Selain memberikan masukan-masukan untuk Sa dalam naskah akademik, PAH Komisi Etik dan Antisipasi Kegiatan LGBT juga turut serta dalam memberikan Sosialisasi Etika dan Antisipasi LGBT dengan Para Konselor IPB; melakukan Sosialisasi Peraturan SA tentang Etika Akademik dan Kehidupan Bermasyarakat ke fakultas-fakultas di IPB dan melakukan Webinar berjudul Peran Perguruan Tinggi dalam Pencegahan Perilaku Seksual Menyimpang. Adapun bahan paparan webinar dapat diakses disini.
  2. PAH Etika Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. E. Sri Hendrastuti, M.Sc. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu menyusun buku naskah akademik mengenai Etika Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Selain itu jugu melakukan Focus Group Discusson (FGD) dengan mengundang beberapa narasumber yaitu Prof Terry Mart (FMIPA Universitas Indonesia), Prof Suminar S. Achmadi (FMIPA IPB), dan Prof Antonus Suwanto (FMIPA IB).