Dewan Guru Besar IPB

Prof.(Em). Ir. Edi Guhardja, M.Sc., Ph.D

edi_guharjaProf.(Em). Ir. Edi Guhardja, M.Sc., Ph.D dilahirkan di Yogyakarta, 31 Desember 1933. Riwayat pendidikan beliau antara lain Sekolah Rakyat Murni I, Surakarta; SMPN Kejaksaan Cirebon; dan Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA), Bogor. Memperoleh gelar Insinyur Pertanian pada Jurusan Kehutanan, UI (1961). Gelar Master of Science Department of Botany diperoleh dari University of Kentucky, Lexington (1963), sementara gelar Ph.D diperoleh dari University of Illinois (1975). Beliau merupakan Guru Besar Biologi, Taksonomi Tumbuhan, bidang yang dikembangkan sebelum dan sesudah menjadi Guru Besar.

Karya Ilmiah yang dianggap baik yang pernah dihasilkan:

Biologi Umum. Anggota tim beliau. Penerbit Gramedia Jakarta 1987. Tiga jilid; Rain Forest Ecosystem of East Kalimantan. Anggota tim Editor. Springer Berlin, 2000; Land Use, Nature Conservation and the Stability of Rain Forest Margin in South East Asia, Anggota tim Editor. Springer Berlin, 2004; Stability of Rain Forest Margin. Anggota tim Editor. Springer Berlin, 2007.

Prof. Dr. Ir. Suminar Setiati Achmadi

suminar_setiati_achmadiProf. Dr. Ir. Suminar Setiati Achmadi dilahirkan di Blitar, 27 April 1948. Kota Bogor menjadi tempat beliau meyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya yaitu SD Regina Pacis (1960), SMP Regina Pacis (1963), dan SMA Regina Pacis (1966). Pada tahun 1974 beliau meraih gelar Sarjana Kehutanan bidang ilmu Teknologi Hasil Hutan pada Fakultas Kehutanan IPB. Beliau kemudian meriah gelar Master of Science (1980) dan Doctor of Phylosophy (1984), keduanya dalam bidang ilmu Kimia Hasil Hutan pada University of Wisconsin, Amerika Serikat.

Beliau merupakan Guru Besar Ilmu Kimia. Kimia polimer alami dan sintetik merupakan topik yang dikembangkan beliau sebelum dan sesudah pengangkatan Guru Besar. Karya imiah yang dianggap paling baik berjudul The Potency of Potassium Hydroxycitrate Derived from Gelugur Fruit (Garcinia atroviridis) in Reducing Body Weight and Cholesterol Levels in Rats. Beliau juga telah melakukan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dalam program pelatihan beliauan & penerjemahan buku ajar perguruan tinggi dan program penataran & lokakarya metodologi penelitian dan beliauan artikel ilmiah. Selain dengan Dikti, beliau juga bekerjasama dengan penerbit komersial dalam menerjemahkan buku ajar kimia. Beliau merupakan salah seorang penggagas dan beliau buku Pedoman Penyajian Karya Ilmiah yang diterbitkan oleh FMIPA (1996) dan oleh IPB (2004).

Prof. Dr. Ir. Hidayat Pawitan, M.Sc.

hidayat_pawitanProf. Dr. Ir. Hidayat Pawitan, M.Sc. dilahirkan pada tanggal 30 April 1950 di kota Bogor. Beliau menyelesaikan pendidikan dasar mulai Sekolah Rakyat dan Sekolah Menengah Pertama Budi Mulia yang dilanjutkan ke Sekolah Menengah Atas Regina Pacis. Tahun 1969 terdaftar sebagai mahasiswa IPB program sarjana enam tahun dan mendapat Gelar Sarjana Mekanisasi Pertanian tahun 1976. Gelar Ph.D. Engineering diperoleh tahun 1983 dari Department of Civil Engineering, University of California, Davis Campus dalam bidang utama Hidrologi dan Hidrolika Teknik dengan bidang penunjang Perencanaan Sistem Sumber Daya Air dan Matematika Terapan, setelah menyelesaikan pendidikan M.Sc. Engineering tahun 1980 di Departemen yang sama.

Jabatan Guru Besar bidang Geofisika dan Meteorologi disandang sejak Oktober 2003, dengan fokus kajian Hidrologi Sumber Daya Air. Beliau menjadi anggota dan aktif sebagai pengurus berbagai organisasi profesi. Sejak 1996 sampai saat ini aktif sebagai anggota Komite Nasional– International Hydrological Program. Selain aktif berpartisipasi dalam berbagai pertemuan ilmiah nasional dan internasional, beliau juga memberikan jasa konsultan dalam bidang hidrologi sumberdaya air sesuai dengan kompetensi keilmuannya, menjadi reviewer dan narasumber pada penelitian tingkat nasional. Saat ini menjadi Ketua Panelis/Tim Monev Program Kompetitif LIPI, Subprogram Pengelolaan DAS Terpadu.

Prof. Dr. drh. drs.vet.med. H. Mansjur Hawab, M.Si.

Prof. Dr. drh. drs.vet.med. H. Mansjur Hawab, M.Si. merupakan putra daerah Manna-Bengkulu, yang lahir tanggal 18 April 1941. Beliau melewati masa SD dan SMP-nya di kota Manna, yaitu di SDN 1 dan SMPN 1. beliau melanjutkan pendidikannya di SMA 17, Bogor. Jenjang selanjutnya ditempuh di Institut Pertanian Bogor. Gelar yang diraih di IPB antara lain Sarjana Kedokteran Hewan (drs. vet. med), Dokter Hewan, dan Magister Sains. Bidang ilmu saat memperoleh gelar S3 adalah Biologi-Biokimia. Sementara bidang ilmu saat pengangkatan Guru Besar adalah Biokimia. Beliau telah mengembangkan penelitian berdasarkan bidang tersebut.

Karya ilmiah penelitian yang dianggap paling baik yang pernah dihasilkan adalah Khitosan dapat Mengikat Molekul Kolesterol; Mengurangi Kholesterol dengan Kulit Udang; dan Penyerapan Vitamin B1 (Tiamin) oleh Khitosan secara In Vivo. Beliau juga telah menulis belasan buku. Contoh buku yang pernah ditulis antara lain Pengantar Biokimia, Edisi 2; Dasar-dasar Teknik Penelitian Biokimia; dan Manajemen Evaluasi Kinerja. Saat ini beliau dalam proses diusulkan sebagai Guru Besar Emeritus.

Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc.

antonius_suwantoProf. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc. dilahirkan di Jember pada tanggal 30 November 1959, menempuh SMA di Jember dan lulus dari SMAK ST. Paulus Jember pada tahun 1978. Beliau melanjutkan studinya ke Institut Pertanian Bogor pada tahun 1979 dan lulus dengan predikat Cum Laude pada tahun 1983 dalam bidang ilmu Teknologi Hasil Pertanian. Pada tahun 1987 beliau melanjutkan studinya ke Amerika Serikat dan mendapatkan gelar M.Sc. pada tahun 1989. Gelar Ph.D. diraih pada tahun 1992 dari University of Illinois at Urbana Champaign. Bidang ilmu yang ditekuninya adalah Microbial Genetics. Karena kemampuan akademiknya, beliau mendapatkan penghargaan Superior Academic Performance Award dari The Honor Society of Phi Kappa Phi, University of Illinois at Urbana-Champaign (1989-1992).

Pada tahun 2004 beliau diangkat sebagai Guru Besar dengan bidang ilmu Rekayasa Genetika. Beberapa topik penelitian yang tetap ditekuninya baik sebelum maupun sesudah menjadi Guru Besar antara lain genetika molekuler, bakteri pathogen pada larva udang dan kedelai serta bioprospecting bakteri extremophiles dan bakteri fotosintetik anoksigenik. Karya ilmiahnya yang terbaik adalah berhasil memetakan dan melaporkan untuk pertama kalinya bahwa bahan genetik prokariot, termasuk bakteri, dapat terdiri dari dua kromosom yang unik.

You are here: Home Organization DGB IPB Members Faculty of Mathematics and Natural Sciences CV Faculty of Mathematics and Natural Sciences