Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. Wahju Qamara Mugnisjah, M.Agr.

1 Nama Lengkap
: Prof. Dr. Ir. Wahju Qamara Mugnisjah, M.Agr.

wahju_qamara_mugnisjah

2 Tempat / Tanggal Lahir : Cikampek, 05-11-1949
3 Status : Aktif
4
Komisi di DGB IPB : D
5
Bidang Kajian Strategis : Ketahanan Pangan
6
Alamat Kantor : Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, IPB
7
Bidang Ilmu : Agronomi
8 Disertasi : Agronomical Approaches toward the Improvement of Soybean Seed Vigour
9 Publikasi/ Karya Ilmiah yang Diunggulkan :
  • Perancangan Kebun Produksi Berbasis LEISA untuk Pemenuhan Kebutuhan Gizi Sehat: Kasus Asrama Mahasiswa TPB-IPB
  • Kelayakan Finansial Rancangan Kebun Produksi Berbasis LEISA untuk Pemenuhan Kebutuhan Gizi Sehat: Kasus Asrama Mahasiswa TPB-IPB
10
Penghargaan : Satyalancana Karya Satya 20 tahun dari Pemerintah RI

Prof. Dr. Ir. Sudirman Yahya, M.Sc.

Prof. Dr. Ir. Sudirman Yahya, M.Sc. dilahirkan di Pasirpengarayan, Riau, 19 Januari 1949. Beliau merupakan Guru Besar Agronomi Perkebunan. Gelar Sarjana pada Institut Pertanian Bogor diraih beliau pada tahun 1975. University of Wisconsin, Amerika Serikat menjadi pilihan beliau dalam menyelesaikan gelar Magister dan Doktor bidang Agronomi. Beliau juga telah mengikuti berbagai kursus/pelatihan/workshop di dalam dan luar negeri.

Beliau memiliki pengalaman mengemban berbagai jabatan. Contoh jabatan yang pernah atau sedang diemban oleh beliau antara lain Kepala Kantor Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan IPB; Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, Faperta IPB; dan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI). Beliau juga aktif dalam kegiatan kerjasama dengan institusi pemerintahan dan perusahaan. Beliau telah menghasilkan banyak karya ilmiah yang telah dipublikasikan dalam makalah seminar nasional dan internasional serta jurnal ilmiah.

Beberapa judul karya ilmiah terbaik beliau adalah Kandungan Beberapa Zat Endogen pada Buah Retensi dan Buah akan Rotok pada Mangga, Adaptation of Oil Palm Seedling Inoculated with Arbuscular Mycorrhiza Fungi on Drought Stress in Red Yellow Podzolic and Peat Soils Media, dan Pemanfaatan Sumberdaya Alami dalam Peningkatan Pertumbuhan Tanaman Perkebunan di Lahan Marginal.

Prof. Dr. Ir. Sjamsoe’oed Sadjad

sjamsoeoedProf. Dr. Ir. Sjamsoe'oed Sadjad, lahir di Madiun tanggal 24 Juni 1931. Menempuh pendidikan SD sebelum kemerdekaan RI, SMP dan SMA di zaman revolusi kemerdekaan, dan lulus SMA I Jakarta tahun 1951. Pendidikan tinggi (S-1, S-2, S-3) ditempuh sampai 1971 masing-masing di Universitas Indonesia, Fakultas Pertanian, Jurusan Sosial Ekonomi (S-1), di Mississippi State University Jurusan Agronomy Seed Technology (S-2), dan di Institut Pertanian Bogor, Doktor bidang dalam Ilmu Pertanian. Diangkat sebagai Guru Besar pada Fakultas Pertanian IPB pada tahun 1981. Pensiun pada tahun 1996, dan diangkat kembali pada tahun yang sama sebagai Guru Besar Emeritus bidang Budidaya Tanaman pada Fakultas Pertanian IPB. Sesudah pensiun sampai 2003 beliau diangkat sebagai Guru Besar Tetap pada Universitas Slamet Riyadi, Solo.

Jabatan strukutural yang pernah diemban antara lain Dekan Fakultas Pertanian dan Ketua Umum Yayasan Padi Indonesia (YAPADI). Beliau telah menulis ratusan naskah semi populer, puluhan makalah seminar nasional dan internasional serta 15 buku. Di antara semua karya tulis yang dianggap paling baik adalah buku yang berjudul "Dari Benih kepada Benih" (1993), Gramedia Widia Sarana Indonesia 144 hlm. Penemuan ilmiah di bidang keilmuan berupa berbagai tipe Ecogerminators, Rapid Aging Machine berbasis devigorasi benih oleh uap etanol, substrat kertas domestik untuk pengujian viabilitas benih, berbagai metode pengujian viabilitas benih, berbagai parameter vigor benih, Teori Kesejajaran Benih, dan pemikiran dasar Matematika benih.

Prof. Dr. Ir. Slamet Susanto, M.Sc.

Prof. Dr. Ir. Slamet Susanto, M.Sc. dilahirkan di Blitar, 2 Februari 1961. Bidang ilmu saat memperoleh gelar S3 adalah Ekofisiologi. Bidang yang sama saat beliau diangkat sebagai Guru besar. Topik penelitian yang ditekuni/dikembangkan oleh beliau sebelum maupun setelah pengangkatan Guru Besar adalah kajian ekofisiologi pertumbuhan dan perkembangan jeruk. Karya ilmiah yang dianggap paling baik yang pernah dihasilkan adalah Perubahan Kualitas Buah Beberapa Kultivar Jeruk Besar (Citrus grandis (L.) Osbeck) yang Disimpan dan Dibiarkan di Pohon. Karya ilmiah ini dimuat dalam Jurnal Hayati 11(1):25-28 tahun 2004. Beliau juga merupakan salah satu pendiri dan pengurus pusat Masyarakat Jeruk Indonesia (MJI).

Prof. Dr. Ir. Sitanala Arsjad

Prof. Dr. Ir. Sitanala Arsjad dilahirkan di Gunung Sugih, Lampung Tengah, pada tanggal 21 Maret 1934. Beliau menyelesaikan pendidikan dasarnya di Kotabumi, Lampung Utara, tahun 1946, Sekolah Menengah Pertama pada Taman Dewasa Telukbetung, Bandar Lampung, tahun 1951, dan Sekolah Menengah Atas pada Taman Madya, Malang, Jawa Timur, tahun 1954. Lulus sarjana pertanian pada Fakultas Pertanian Universitas Indonesia di Bogor tahun 1961. Melanjutkan pendidikannya di Graduate School University of Georgia, Athens, Georgia, Amerika Serikat, dan mendapat gelar M.Sc. (1963) dan Ph.D (1965) spesialisasi dalam konservasi tanah.

Pemikiran beliau mengenai konservasi tanah dan air menjadi topik orasi jabatan guru besar ilmu tanah di IPB tahun 1976. Beliau pernah menjabat sebagai Rektor IPB, Rektor Universitas Lampung, dan Ketua Dewan Guru Besar IPB BHMN. Dua puluh artikel hasil karya ilmiah beliau telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional. Selain menulis buku Konservasi Tanah dan Air yang diterbitkan IPB Press (edisi Pertama tahun 1989, dan edisi kedua tahun 2006), beliau juga menjadi Co-author "Soil Erosion by Water", suatu Bab dalam buku "Natural System for Development – What Planners Need to Know" yang diterbitkan oleh Macmillan Publishing Co., New York tahun 1983. Beliau juga menjadi chief editor buku "Conservation Policies for Sustainable Hillslope Farming" yang diterbitkan oleh Soil and Water Conservation Society, Ankeny, Iowa, USA, tahun 1992.