Dewan Guru Besar IPB

Dewan Guru Besar IPB

Dewan Guru Besar dari 7 PT. BHMN Bertemu di IPB

institut-pertanian-bogor-253x190Bertepatan dengan 80 tahun Sumpah Pemuda, segenap pimpinan dan pengurus Dewan Guru Besar (DGB) dari 7 PT. BHMN berkumpul di IPB. Mengambil tempat di IPB Convention Center (IICC) Bogor, pertemuan tersebut digelar (27/10).

Ketujuh Perguruan Tinggi tersebut adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Univeritas Airlangga (Unair).

 

Pertemuan yang dilaksanakan dalam upaya melaksanakan tugas DGB Perguruan Tinggi tersebut dimaksudkan untuk bersama-sama memikirkan permasalahan penting pendidikan tinggi dan perannya ke depan bagi upaya nyata mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa. "Lokakarya ini bertujuan menghasilkan karya nyata konsep solusi permasalahan aktual bangsa yaitu krisis ekonomi global, terutama krisis energi dan pangan melalui kemandirian bangsa," ujar Ketua DGB IPB, Prof. Dr. Endang Suhendang dalam sambutannya.

Menurutnya, sudah saatnya memperkuat kemandirian bangsa antara lain dengan mengurangi ketergantungan bangsa Indonesia terhadap superioritas bangsa lain dan melepaskan diri dari dominasi/subordinasi negara-negara kapitalis. "Saya berharap dengan adanya pertemuan DGB dari tujuh PT. BHMN ini supaya peran Perguruan Tinggi bersifat lebih optimum dalam turut serta peningkatan kesejahteraan masyarakat." tambahnya.

Sementara itu, Rektor IPB Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc didampingi Prof. Endang Suhendang berkesempatan menyerahkan "Dokumen Makna Guru Besar" dan Buku "Pemikiran Guru Besar IPB" kepada semua Ketua Delegasi dari 6 Perguruan Tinggi BHMN, selain IPB.

Adapun Buku Pemikiran yang diserahkan tersebut merupakan karya DGB IPB yang ditulis oleh 103 Guru Besar IPB. "Dari kegiatan ini saya harapkan akan muncul buku pemikiran lintas universitas," ujar Prof. Endang Suhendang yang diamini para Ketua Delegasi tersebut.

"Saya berharap Lokakarya dan Rakor Pimpinan DGB 7 PT. BHMN yang kelima ini dapat memberikan masukan dalam penyusunan model pengabdian kepada masyarakat yang bersifat terintegrasi dan efektif," ucap Rektor sebelum acara penyerahan dokumen.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 80 Guru Besar dari 7 Perguruan Tinggi ini, juga dihadiri oleh mantan Rektor IPB yakni, Prof. Dr.Ir. A. Ansori Mattjik, M.Sc, Prof. AM Satari. Hadir pula sejumlah pejabat IPB Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Pengembangan, Prof. Dr.Ir. Hermanto Siregar, Wakil Rektor Bidang Bisnis dan Komunikasi, Dr. Ir. Arif Imam Suroso, Kepala LPPM IPB Prof. Dr. Bambang Pramudya, Wakil Kepala LPPM Bidang Penelitian, Prof. Dr. Ronny M. Noor, Direktur Program Diploma IPB, Prof. Dr. Ir. Zairin Junior, M.Sc, Direktur Komunikasi dan Sumberdaya Informasi, Prof. Kudang Boro Seminar, General Manager IICC, Ir. Lusi Fauziah, serta puluhan Guru Besar IPB. (sumber: Institut Pertanian Bogor)

Twitter

Twitter Updates

Login Form

Anda disini: Beranda Berita Berita Terkini Dewan Guru Besar dari 7 PT. BHMN Bertemu di IPB