Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.

ujang_sumarwanProf. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. dilahirkan di Jakarta pada tanggal 16 September 1960 dari pasangan Muhammad Salim (Alm) dengan N. Ratnasih. Pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah diselesaikan di Jakarta. Beliau memperoleh gelar Sarjana Sosial Ekonomi Pertanian pada tahun 1985. Pada tahun 1988 sampai 1990 mengikuti pendidikan Master dalam bidang Family Resource Management di Iowa State University, Ames, Iowa Amerika Serikat dengan memperoleh beasiswa dari World Bank melalui Proyek CHN3 Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Pada tahun 1990 sampai 1993 bekerja sebagai Research Assistant di Iowa State University dan sekaligus mengikuti pendidikan Program Doktor di universitas tersebut. Pada tahun 1993 memperoleh gelar Doktor dalam bidang Perilaku Konsumen dan Ekonomi Konsumen dengan disertasi berjudul Socioeconomic dan Psychological Variables Influencing Household Debt. Selama mengikuti Program Doktor, memperoleh beasiswa dari Iowa State University.

Selama periode 1994 sampai 2004 menjabat sebagai Kepala Laboratorium Sumber Daya Keluarga Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga Fakultas Pertanian IPB. Selama periode 1994 sampai 2006 melakukan penelitian dalam bidang perilaku konsumsi pangan dan perilaku pembelian dan penggunan berbagai produk dan jasa, serta berbagai penelitian lain yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Beberapa topik penelitian lain yang menjadi fokus perhatian adalah gaya hidup konsumen dan perubahan konsumsi, ekuitas merek, loyalitas dan kepuasan konsumen, serta proses pengolahan informasi dan proses belajar konsumen. Penelitian tersebut merupakan kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun swasta. Selama lima tahun aktif melakukan penelitian yang dibiayai oleh Hibah Bersaing, Departemen Pendidikan RI. Pada tahun 2000 terpilih sebagai Peneliti Hibah Bersaing Terbaik bidang Sosial. Hasil-hasil penelitiannya diterbitkan di jurnal ilmiah nasional dan majalah populer serta dalam bentuk monografi.

Pada tahun 2003 menerbitkan buku teks yang berjudul Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Buku tersebut telah dicetak ulang yang kedua pada tahun 2004. Ia adalah salah seorang penyunting dari buku "Persfektif Ilmu-ilmu Pertanian dalam Pembangunan Nasional: Pemikiran Guru Besar Institut Pertanian Bogor" yang diterbitkan oleh PT Penerbit Swadaya pada tahun 2008. Ia adalah salah seorang beliau dari buku Pemasaran Strategik: Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham yang diterbitkan Inti Prima tahun 2009. Ia juga salah satu penulis dari buku Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja yang diterbitkan IPB Press tahun 2010.

Selain melakukan berbagai kegiatan akademik di kampus, juga aktif menghadiri seminar dan memberikan pelatihan bidang perilaku konsumen di luar kampus. Beberapa tahun terakhir telah mengikuti pelatihan Good Corporate Governance serta Case Teaching Method. Untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan pengayaan materi-materi kuliah, beberapa kali melakukkan kunjungan industri di dalam negeri maupun luar negeri. Saat ini menjadi Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB.