Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. Bungaran Saragih, M.Ec.

bungaran_saragihProf. Dr. Ir. Bungaran Saragih, M.Ec. dilahirkan di Pematang Siantar, tanggal 17 April 1945. Masa SD hingga SMA dilalui penulis di kota Pematang Siantar. Pendidikan formalnya berlanjut di Institut Pertanian Bogor, bidang Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, hingga meraih gelar Insinyur (1971). Gelar M.Ec. bidang Ekonomi (mayor) dan Statistik (minor) diraih penulis di North Carolina State University, USA (1977). Di universitas yang sama penulis menyelesaikan pendidikan Ph.D. bidang Ekonomi (mayor) dan Sosiologi (minor) (1980). Penulis juga telah mengikuti berbagai penataran, baik berskala nasional maupun internasional.

Pengalaman organisasi atau pengelolaan penelitian yang dimiliki oleh penulis di antaranya Kepala Pusat Studi Pembangunan IPB; Staf Ahli Kompartemen, Kompartemen Pertanian, Agroindustri dan Agribisnis KADIN; dan Anggota Tim Nasional Pengkajian dan Perkoperasian dan Pengusaha Kecil, Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil. Kiprahnya pun merambah hingga dunia politik dengan menjadi Menteri Pertanian pada dua kabinet, yaitu Kabinet Persatuan (26 Agustus 2000 - 23 Juli 2001) dan Kabinet Gotong Royong (2001 - 2004). Pengalaman penulis dalam organisasi profesi di antaranya adalah Ketua II Pengurus Pusat Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia, Ketua Dewan Pakar Perhimpunan Manajemen Agribisnis Indonesia (PMAI), dan Anggota Agribusiness Club.

Penulis telah dianugerahi berbagai penghargaan. Penghargaan tersebut antara lain Cited for Distinguished Academic Performance, Economic Institute, Boulder, Colorado, USA (1975); Cited for Distinguished Academic Performance, International Honor Society of Agriculture, GAMMA SIGMA DELTA (1979); dan Dosen Terbaik Program Magister Manajemen Agribisnis, IPB (1991 - 1993). Penulis menjadi peserta aktif dalam berbagai ceramah, seminar, lokakarya, konferensi, dan simposium di dalam dan luar negeri. Sebagai seorang pakar, pendapatnya kerap dimuat dalam media massa, baik cetak maupun eletronik. Beberapa judul publikasi ilmiah penulis adalah Indonesian Coffee: Performance, Problems, and Prospects; Rice-Based Farming Systems As A Reflection of Diversfield Farming on Paddy Lands in Indonesia: Economic Significance, Future, Prospects, and Problems; dan Multi-Dimensional Aspects of Rice Farming Diversification in Indonesia.