Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. drh. Dondin Sajuthi

dondin_sajuthiProf. Dr. drh. Dondin Sajuthi dilahirkan di Jakarta, pada tanggal 27 Oktober 1954. Sarjana Kedokteran Hewan diperoleh pada tahun 1977 dan Dokter Hewan pada tahun 1979 di Institut Pertanian Bogor. Selama masa pendidikannya telah menjadi asisten dosen Kimia dari tahun 1974-1977. Setelah lulus, menjadi dosen di Jurusan Kimia sejak 1978 sampai dengan sekarang.

Pada tahun 1980 dan 1982 berturut-turut, beliau mendapatkan kesempatan untuk pelatihan keahlian dalam bidang primata di Central Institute of Experimental Animals, Noda Primate Laboratory, Japan dan Regional Primate Research Center, University of Washington, Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS). Gelar Master of Science in Teaching dalam bidang Kimia diperoleh pada tahun 1984 dari Departemen Kimia Universitas Wisconsin, AS. Gellar spesialisasi dalam bidang Medical Primatology diperoleh pada tahun 1990 dari Department of Comparative Medicine, Bowman Gray School of Medicine of Wake Forest University (WFU), Winston-Salem, North Carolina, AS dan Doktor filsafat (PhD) dalam patobiologi selular dan molekular diperoleh pada tahun 1990 dari universitas yang sama.

Sejak tahun 1990 s/d 2003 menjadi Kepala Pusat Studi Satwa Primata IPB. Dalam perjalanannya sebagai kepala pusat, melalui kerjasama yang erat dengan WFU, beliau dipercaya untuk menjadi Adjunct Professor pada Department of Pathology, Section of Comparative Medicine, School of Medicine, di WFU pada tahun 1997 hingga saat ini. Penulis menjadi Direktur Program Internasional sejak 2001 – 2003 dan sejak tahun 2003 dan sampai sekarang dipercaya sebagai Direktur Rumah Sakit Hewan, IPB. Sejak tahun 2004, beliau mendapat tugas dari pimpinan untuk menjadi Kepala Bagian di Bagian Penyakit Dalam di Fakultas Kedokteran Hewan. Beliau aktif di berbagai organisasi profesi seperti Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia dan Asosiasi Peminat dan Ahli Primata Indonesia dan Komisi Nasional seperti Komisi Bioetik Nasional (KBN) dan Komisi Nasional Etika dan Penelitian Kesehatan (KNEPK).