Dewan Guru Besar IPB

Prof. Ir. Wasmen Manalu, PhD.

wasmen_manaluProf. Ir. Wasmen Manalu, PhD. dilahirkan di Kecamatan Pagaran, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada tanggal 20 Desember 1957. Sekolah dasar dan menengah ditempuh di desa yang sama dan lulus pada tahun 1969 dan 1972. Pendidikan menengah atas ditempuh di SMA Negeri Siborong-borong (kelas I) dan SMA HKBP Tarutung dan lulus pada tahun 1976.

Lulus Sarjana Peternakan dari Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor pada tahun 1981 dengan peminatan Nutrisi Ternak. Pada tahun 1986, beliau mendapatkan beasiswa dari Proyek Bank Dunia untuk melanjutkan pendidikan pada bidang ilmu Fisiologi Lingkungan di Laboratorium Samuel Brody di The University of Missouri-Columbia, USA dengan pengkhususan pada Fisiologi Lingkungan yang berkaitan dengan produktivitas dan kesehatan dan kesejahteraan hewan dan ternak. Setelah satu tahun menunjukkan prestasi yang baik sebagai mahasiswa untuk jenjang S-2, beliau diizinkan untuk langsung menjadi mahasiswa S-3 tanpa harus menyelesaikan gelar S-2, dan lulus pada tahun 1991.

Sekembalinya ke IPB, beliau mengembangkan penelitian reproduksi dan produktivitas ternak bersama mahasiswa pascasarjana. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal ilmiah internasional. Beliau diangkat menjadi guru besar di Fakultas Kedokteran Hewan, IPB pada tahun 2001. Contoh judul karya ilmiah terbaik beliau adalah The Assessment of Thermal Status of Somatotropin-Injected Lactating Holstein Cows Maintained Under Tn, Cold, and Hot Laboratory Conditions; dan Effect of Superovulation Prior to Mating on Milk Production Performances during Lactation in Ewes.