Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. Andry Indrawan, MS

andry_irawanProf. Dr. Ir. Andry Indrawan, MS lahir di kota Bogor tanggal 8 Januari 1945 dari pasangan Ibu Mulyani dan Bapak Wahyu Wirahadi. Pendidikan Sekolah Rakyat (SR) pada tahun 1952 di Bogor, Jawa Barat. hingga lulus SR Hutabarat, SMP Negeri IV dan SMA Negeri II di Bogor pada tahun 1965. Pada tahun 1965 melanjutkan studi di Fakultas Kehutanan IPB dan lulus Sarjana Kehutanan pada tahun 1974.

Pada Tahun 1976 diangkat sebagai pegawai negeri sipil sebagai Staf Pengajar pada Fakultas Kehutanan IPB. Pada tahun 1979 melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana pada Sekolah Pasca Sarjana pada program studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan dan lulus pada tahun 1984. Pada tahun 1994 penulis melanjutkan studi program Doktor pada program studi Penegelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan dan Lulus pada tahun 2000. Dengan Judul Desertasi Perkembangan Suksesi Tegakan Hutan Alam Setelah Penebangan dalam Sistem Tebang Pilih Tanam Indonesia.

Berbagai kegiatan survey dan penelitian ilmiah yang telah dilakukan pada berbagai Formasi Hutan pada Ekosistem Hutan Alam dan Ekosistem Hutan Tanaman di areal HPH (IUPHHK Hutan Alam dan IUPHHK Hutan Tanaman) dan Amdal pada berbagai areal HPH, HTI, Pabrik Kertas, Lapangan Minyak dan Gas yang telah dilakukannya telah mengantarkannya pada pencapaian karir tertinggi sebagai Guru Besar Ekologi Hutan pada Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan, IPB.

Kegiatan pengajaran pada Program Sarjana (S1) Fakultas Kehutanan IPB dan Program Pasca Sarjana (S2 dan S3) pada Program Studi Ilmu Pengetahuan Kehutanan, Fahutan IPB; Program Studi Major Silvikultur Departemen Silvikultur, Fahutan IPB; dan Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, IPB. yang dilakukan penulis diperkaya materinya dari berbagai penelitian ilmiah dan pengalaman lapangan. Beberapa mata kuliah yang diasuh penulis diantaranya adalah Ekologi Hutan, Ekologi Hutan Tropika, Synekologi Hutan, Ekologi Terapan, dan Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Dalam Struktur Organisasi IPB saat ini penulis mengemban tugas sebagai Kepala Bagian Ekologi Hutan Fahutan IPB, Anggauta Senat Fakultas Kehutanan IPB, Anggauta Tim Penilai Angka Kredit, IPB. Disamping itu penulis telibat aktif di beberapa organisasi di luar IPB: Tim Pelaksana Fasilitasi Kegiatan Silvikultur Intensif (Tim Pakar Silin), Direktorat Jenderal Bina Produksi Kehutanan, Departemen Kehutanan, periode 2006 s/d 2009 (sekarang) dan Reviewer pada beberapa jurnal Ilmiah Nasional.

Penghargaan yang telah diterima penulis yaitu Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun (2002).