Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. H. Bambang Hero Saharjo, M.Agr.

bambang_hero_saharjoProf. Dr. Ir. H. Bambang Hero Saharjo, M.Agr. dilahirkan di Jambi tanggal 10 November 1964 adalah Guru Besar dalam bidang Perlindungan Hutan. Menyelesaikannya S1 di Fakultas Kehutanan IPB pada tahun 1987, program Master di Divisi Pertanian Tropis (Division of Tropical Agriculture) Kyoto University pada tahun 1996 dan S3 di Laboratorium Tropical Forest Resources and Environment, Division of Forest and Biomaterial Science Kyoto University tahun 1999.

Hingga hari ini tercatat sekitar 70 karya ilmiah yang berhasil dipubilkasikan dimana sekitar 20 diantaranya dipubilkasikan di Jurnal Internasional bergengsi. Dalam kiprahnya penulis juga ikut aktif berkolaborasi dengan Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Departemen Kehutanan (Direktorat Penanggulangan Kebakaran Hutan), Departemen Pertanian, BPPT, BNPB, BLHD dan lain-lain. Penulis tidak hanya berkolaborasi dengan instansi teknis tetapi juga dalam bidang penegakan hukum seperti POLRI, Kejakgung, Mahkamah Agung dan lembaga legislatif seperti DPD. Penulis juga ikut aktif berkolaborasi dengan organisasi donor Internasional seperti SCKPFP-EU, JICA, SSFFM-EU, CIDA, Firefight South east Asia, KOICA serta lembaga Internasional baik dalam maupun luar negeri seperti CIFOR, NIAES, JSPS, JST, GFMC, ASEAN, UNDP, Max Plank Institute, dan juga LSM seperti ICEL, WALHI, WWF-Indonesia.

Penulis juga menjadi anggota delegasi Indonesia pada berbagai pertemuan Internasional dan saat ini masih tercatat sebagai ahli kebakaran yang mewakili Indonesia di ASEAN Forest Fire Panel Expert. Penulis tercatat menerima penghargaan Tanda Kehormatan Stayalencana Karya Satya 10 tahun tahun 2001, Canadian Forest Service (CFS) Merit Award dari Canadian Forest Service-Natural Resource Canada tahun 2004, Dosen Berprestasi III IPB tahun 2006, Dosen Berpretasi I Fak.Kehutanan IPB tahun 2006.

Anda disini: Beranda Organisasi Anggota DGB IPB Fakultas Kehutanan CV Fakultas Kehutanan Prof. Dr. Ir. H. Bambang Hero Saharjo, M.Agr.