Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. I Nengah Suratijaya, M.Sc.

i_nengah_suratijayaProf. Dr. Ir. I Nengah Suratijaya, M.Sc. adalah anak kedua dari pasangan I Nyoman Sumerta (Ayah, almarhum) dan Ni Wayan Reci (ibu), dilahirkan di Karangasem (Bali), pada tanggal 9 September 1962. Pendidikan dasar dan menengah beliau semuanya diselesaikan di Bali, yaitu di SDN No 1 Tenganan lulus tahun 1972, SMP Negeri No 1 Ulakan, Manggis lulus tahun 1977, dan SMA Negeri 1, Karangasem, lulus tahun 1980. Mulai pertengahan tahun 1980, beliau diterima sebagai mahasiswa di IPB melalui PP II dan selesai tahun 1985. Sejak bulan Januari 1986, beliau diangkat sebagai staf pengajar tetap di Fakultas Kehutanan IPB. Pendidikan S2 dan S3 beliau diselesaikan secara berturut pada tahun 1993 dan 1996 di Graduate School of Environmental Science, Niigata University, Japan. Sejak tahun 2007, beliau dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap bidang Perencanaan Hutan Fakultas Kehutanan IPB.

Dalam pengabdiannya sebagai staf pengajar di IPB, beliau mempunyai minat yang besar dalam pengembangan ilmu-ilmu spasial dan aplikasinya di bidang kehutanan dan lingkungan. Pada periode 2008-2011, beliau ditunjuk sebagai ketua kerjasama antara Fakultas Kehutanan IPB dengan Forestry and Forest Product Research Institute of Japan (FFPRI) dalam rangka mengkaji pemanfaatan Citra Satelit ALOS PALSAR untuk estimasi sediaan carbon. Penulis menikah dengan Anik Agustingrum dan dikaruniai 5 orang anak, yaitu Putu Ananta Wijaya (23 tahun), I Made Haribhawana Wijaya (21 tahun), Luh Miyuki Manipuspaka Tri Wijaya (13 tahun), Luh Chanti Putri Wijaya (8 tahun) dan I Wayan Krishna Murti Tarukan Wijaya (5 tahun).

Anda disini: Beranda Organisasi Anggota DGB IPB Fakultas Kehutanan CV Fakultas Kehutanan Prof. Dr. Ir. I Nengah Suratijaya, M.Sc.