Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. H. Ari Purbayanto, M.Sc.

Prof. Dr. Ir. H. Ari Purbayanto, M.Sc. lahir di Kota Gajah Lampung tanggal 21 Januari 1966 dari pasangan Ibu Ninik Suparni dan Bapak H. Katiman Purnomo Wardoyo. Memulai pendidikan dasar pada tahun 1971 di Seputih Raman Lampung, kemudian pindah ke Sulawesi Tengah tahun 1974 hingga lulus SD, SMP dan SMA. Melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Perikanan IPB tahun 1984 dan lulus Sarjana Perikanan (Ir.) pada tahun 1989.

Karir sebagai dosen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB dijalani sejak tahun 1990. Beliau melanjutkan pendidikan pascasarjana di Tokyo University of Fisheries Jepang dengan beasiswa Monbusho pada tahun 1994. Program magister sains dimulai tahun 1995 setelah menyelesaikan kursus bahasa Jepang di Tokyo Institute of Technology dan research student di Tokyo University of Fisheries, dan lulus Master of Science (M.Sc.) tahun 1997. Ia melanjutkan pendidikan doktor di universitas yang sama dan lulus Ph.D. tahun 2000, dengan disertasi berjudul Behavioural studies for improving survival of fish in mesh selectivity of sweeping trammel net.

Setelah kembali ke Indonesia pada tahun 2000, ia melanjutkan karir sebagai dosen di Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK-IPB. Berbagai kegiatan riset dan penerapan teknologi yang dilakukan secara berkesinambungan telah menghantarkannya pada pencapaian karir tertinggi sebagai Guru Besar Teknologi Penangkapan Ikan sejak Juni 2007. Kegiatan penelitian dan penerapan teknologi yang dilakukannya dibiayai dari dana hibah kompetitif seperti RUT-IX Menristek 2002-2003, Japan Science and Technology (JST) 2003-2004, Hibah Kompetitif-A3 2005-2006, Hibah Insentif Menristek 2007, IPTEKDA-LIPI 2007, RAMP Indonesia 2007-2010, Hibah Kompetensi DIKTI 2009, dan Penelitian Unggulan Strategis Nasional 2009. Dari penelitiannya telah dihasilkan lebih dari 70 publikasi dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional, buku teks, serta inovasi teknologi yang telah diusulkan paten-nya dan diterapkan di masyarakat. Hasil inovasi teknologi unggulan yang terpilih sebagai The Best 10 National Innovative Technology pada tahun 2006 dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan adalah mesin pemisah daging dan tulang ikan (SuritechTM). Sejak tahun 2008 penulis mengelola workshop pengembangan dan produksi mesin SuritechTM yang dibiayai oleh RAMP Indonesia.

Kegiatan pengajaran pada program sarjana dan pascasarjana yang dilakukan penulis diperkaya materinya dari hasil riset yang dilakukannya. Beberapa mata kuliah yang diasuh penulis diantaranya adalah eksplorasi penangkapan ikan dan rekayasa tingkah laku ikan untuk program sarjana, teknologi penangkapan ikan bertanggung jawab, tingkah laku ikan lanjutan, pengembangan metode penangkapan ikan, teknologi penangkapan ikan laut dalam dan perencanaan dan pengembangan industri penangkapan ikan untuk program pascasarjana. Dalam manajemen IPB saat ini penulis mengemban tugas sebagai Kepala Bagian Teknologi Penangkapan Ikan, Koordinator Bidang Kemitraaan Pemerintah dan Korporat FPIK, Ketua Komisi D Senat FPIK, dan Sekretaris Komisi D Senat Akademik IPB. Disamping itu penulis juga terlibat aktif di beberapa organisasi di luar IPB seperti Koordinator Bidang pada Seknas Program Mitra Bahari DKP, TAS-QC BSN, Anggota Komnas Kajiskan DKP, Anggota MASTAN, Anggota ISOI, Anggota PERSADA, Komisi Standard Aliansi Organis Indonesia, Dewan Pakar Teknologi Penangkapan Ikan ISPIKANI, Asesor BAN-PT dan dewan editor/penelaah di beberapa jurnal ilmiah nasional.

Penghargaan yang pernah diterima yaitu: Best Presenter Awards, Masyarakat Sains Kelautan dan Perikanan Indonesia (2007), Satya Lencana Karya Satya 10 tahun (2006), dan Dosen Berprestasi Peringkat I FPIK dan Peringkat III IPB (2004).