Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, M.Sc.

Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, M.Sc., dilahirkan di Palopo, 10 April 1961. Menempuh pendidikan dasar, menengah dan atas di Makassar. Sewaktu SMA pernah mengikuti program pertukaran siswa (AFS Program, tahun 1979-80) di Taft High School, Lincoln City, Oregon, Amerika Serikat. Masuk IPB tahun 1980 dan lulus sarjana perikanan IPB pada tahun 1984. Mendapatkan gelar Doktor (PhD) pada tahun 1996 dengan disertasi tentang perambatan suara bawah air (bidang Akustik Kelautan) dari Graduate School of Marine Studies - University of Delaware, USA.

Sejak menyelesaikan pendidikan pascasarjana, beliau menekuni bidang Akustik dan Instrumentasi Kelautan. Mata kuliah yang diajarkan, antara lain: sistem sonar, instrumentasi kelautan, oseanografi akustik, analisis numerik. Karya ilmiah yang telah dihasilkan, antara lain meliputi perambatan suara dalam air, deteksi kawanan ikan, kecepatan renang ikan, pola migrasi lapisan penghambur laut dalam, klasifikasi substrat dasar perairan, dan pengukuran parameter fisik laut dengan sistem telemetri. Selain itu, dari hasil pengembangan produk penelitian, penulis sebagai co-inventor, telah mengajukan 6 (enam) paten, yakni: (1) fry counter (penghitung benih ikan kecepatan dan akurasi tinggi), (2) alat pengukur tingkat kesegaran ikan, (3) pemberi pakan ikan/udang otomatis, (4) instrumen pembeda jenis kelamin ikan koi, (5) alat sortir dan penghitung ikan hidup, dan (6) alat pengambil sampel ikan air tawar.

Aktivitas dan pengalaman lainnya, antara lain sebagai Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI bidang Kelautan dan Perikanan 2006-2008. Anggota Asesor BAN-PT 2004 sampai sekarang. Keanggotaan profesi: IEEE Oceanic Engineering, and Instrumentation and Measurement, Ikatan Sarjana Oseanografi Indonesia (ISOI), dan Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI). Saat ini penulis menjabat sebagai Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, periode 2007-2011.