Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. Toto Toharmat, MAgrSc.

Prof. Dr. Ir. Toto Toharmat, MAgrSc. lahir di Sumedang tanggal 2 September 1959. Pendidikan dasar diperoleh tahun 1965-1971 dan pendidikan menengah di tahun 1972-1974. Pada tahun 1975-1978 mengikuti pendidikan di Sekolah Pertanian Menengah Atas di Tanjungsari-Sumedang. Pada tahun 1978-1982 mendapat pendidikan sarjana di bidang peternakan di Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Pada tahun 1989-1991 mendapat pendidikan tingkat master bidang nutrisi ternak di The University of Quensland-Australia. Pendidikan tingkat doktoral dipeoleh tahun 1994-1997 di Tokyo University of Agriculture- Jepang. Pada tahun 1998 mendapat kesempatan program post doktoral di Hokkaido National Agriculture Research Station, Hokkaido, Jepang.

Karir sebagai staf pengajar pada Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor dimulai sejak Maret 1983. Kegiatan utama adalah melakukakan pengajaran dan penelitian. Fokus kajian penelitian saat ini adalah pada bidang nutrisi ternak khususnya aspek nutrisi mineral. Kegiatan penelitian mendapat dukungan pendanaan dari program Hibah Bersaing, Hibah Pasca, Riset Unggulan IPB, dana DUE-Like dengan sumber dana dari Depdiknas. Sumber dana lain yang diperoleh adalah dari program ARMP dan KKP3T Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian-Deptan, program Riset Unggulan Nasional Industri Sapi dari Menristek, PT Alltech Indonesia, Sumitomo Chemical Co Ltd–Jepang. Hasil penelitian yang diperoleh telah dipublikasikan baik dalam jurnal nasional maupun internasional dan digunkan untuk memperkaya materi pengajaran.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat diantaranya adalah sebagai: Anggota Komisi pakan Nasional, Deptan tahun 2002-2005, anggota tim pakar pada pendirian Dewan Persusuan Nasional tahun 2007, anggota delegasi sidang FAO tentang Code of Practice for Good Animal Feeding tahun 2004 di Denmark.

Jabatan yang pernah diamanahkan adalah sebagai: Ketua Progran Studi Teknologi Industri Pakan, Ketua Departemen Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan IPB, Pembantu Dekan Bidang Pendidikan di Fakultas Peternakan IPB, Ketua Senat Akademik Fakultas Peternakan IPB, Ketua Bidang Penelitian dan Publikasi pada Assosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia-AINI, Anggota dewan redaksi salah satu jurnal nasional terakreditasi Media Peternakan.

Penghargaan yang pernah diperoleh adalah Satya Lencana Karya Satya 20 tahun 2003 dan salah satu dosen berprestasi tingkat IPB tahun 2005.