Dewan Guru Besar IPB

Prof. Dr. Ir. Asep Sapei, MS

asep_sapeiProf. Dr. Ir. Asep Sapei, MS lahir di kota Bekasi, 25 Oktober 1956. Beliau menamatkan SD pada tahun 1968 di SDN no. III Tambun-Bekasi, SMP pada tahun 1971 di SMPN Tambun-Bekasi dan SMA pada tahun 1974 di SMAN Bekasi. Beliau adalah Sarjana Mekanisasi Pertanian dari Fakultas Mekanisasi dan Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (1979), Magister Mekanisasi Pertanian dari Fakultas Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor (1986) dan Doktor Biological and Environmental Engineering dari The University of Tokyo (1996). Diangkat sebagai Guru Besar pada tahun 2004 di bidang Teknik Tanah dan Air.

Beliau menjadi staf pengajar di Departemen Teknik Pertanian FATETA – IPB dari tahun 1980 – akhir 2008, dan sejak akhir tahun 2008 sampai sekarang menjadi staf pengajar di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FATETA – IPB.

Beliau melakukan penelitian di bidang Teknik Sumber Daya Lahan dan Air, Teknik Irigasi dan Drainase serta Teknik Konservasi Tanah dan Air, seperti: Penentuan Alternatif Penggunaan Lahan Dalam Usaha Konservasi DAS dengan Menggunakan Model, Kajian Stabilitas Lereng Lahan Sawah pada berbagai Rancangan Teras Bangku, Faktor Penyesuai untuk Penentuan Kebutuhan Air Tanaman Tomat yang di tanam secara Hidroponik di Green House dan sebagainya.

Sampai saat ini beliay telah membuat banyak publikasi ilmiah, baik nasional maupun internasional, yaitu sebanyak 15 makalah pada jurnal ilmiah, 11 makalah pada seminar internasional dan 13 makalah pada seminar nasional.

Beliau mengajar beberapa mata kuliah, baik di tingkat sarjana maupun pasca sarjana, diantaranya adalah Teknik Irigasi dan Drainase, Geoteknik, Pemodelan Hidrologi, Teknik Konservasi Tanah dan Air serta Erosi dan Bangunan Pencegahnya.