Dewan Guru Besar IPB

Press Release Komitmen Keteladan dalam Etika dan Budaya Akademik

 
 
 

 

Guru Besar IPB melakukan press release terkait penandatanganan komitmen keteladanan dalam etika dan budaya akademik pada hari Selasa, 3 November 2015 di Taman Koleksi, Baranang Siang, Bogor mulai Pukul 12 Siang.

Pada tanggal 16 September 2015 telah dilakukan penandatanganan komitmen oleh seluruh Guru Besar Tetap Institut Pertanian Bogor di Ruang Andi Hakim Nasoetion lantai 6 yang dihadiri juga oleh jajaran Pimpinan Organ IPB yaitu Majelis Wali Amanah (MWA), Senat Akademik (SA), Rektor dan Dewan Guru Besar (DGB).

Tujuan Penandatanganan komitmen tersebut adalah untuk memberikan (1) kesadaran kepada Guru Besar IPB akan besarnya tanggung jawab yang harus dipikul sebagai konsekuensi logis dari kewenangan dan kehormatan yang diberikan oleh teman sejawat, masyarakat, dan negara kepadanya sebagai penyandang Guru Besar yang merupakan jabatan akademik tertinggi yang dapat dicapai oleh seorang dosen, dan (2) rambu-rambu penentu arah dan sinyal-sinyal pengingat kepada Guru Besar IPB agar dalam melaksanakan tugasnya sebagai Guru Besar baik di dalam kampus maupun di tengah-tengah masyarakat senantiasa memberikan keteladanan dalam memegang teguh etika dan budaya akademik serta patuh kepada tata krama kehidupan yang berlaku.

Hal ini dilandasi visi Dewan Guru Besar IPB menjadi salah satu pilar yang bermartabat, berwibawa, dan menjadi pelopor dalam mewujudkan visi Institut Pertanian Bogor.

Visi IPB adalah menjadi terdepan dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat global di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika.

Guru Besar IPB merasa memiliki kewajiban moral untuk memberikan keteladanan dalam kehidupan, di kampus dan di masyarakat berlandaskan budaya unggul Bangsa Indonesia. Guru Besar IPB merasakan terjadinya gejala degradasi nilai-nilai, norma, etika, kebiasaan, dan perilaku dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Melalui penandatanganan Komitmen tersebut diharapkan dapat mengingatkan Guru Besar IPB dalam menjaga nilai-nilai luhur di masyarakat sekaligus sebagai benteng pertahanan untuk selalu menjadi pelopor dalam memberikan nilai-nilai keteladanan di masyarakat.

 
Anda disini: Beranda Organisasi Program Kerja Info Pengumuman Press Release Komitmen Keteladan dalam Etika dan Budaya Akademik